19/10/2013

[Majlis Arrijal Utrecht] Tafsir QS Al Fath 24 - Sunatullah kemenangan

Assalamualaikum Kawan. Sudah lama tak bersua di laman ini. Semoga tak membuat kawan-kawan melupakan ruang maya di halaman blog saya ini.
Tapi walaupun konten utama jarang di update, kawan-kawan bisa menjumpai hal-hal baru di ruang-ruang sebelah yang terlink di situs ini. Klik saja tab-tab menu yang ada di bagian atas halaman ini. :D

kali ini saya ingin menshare materi kajian pekanan kami pekan ini. Kami membahas tafsir quran surah al fath ayat 24. kami memulai dengan membaca terjemahan QS al fath ayat 1-25 dan kemudian dilanjutkan pemaparan tafsir nya oleh ustadz Agus Purwanto.

Pada ayat ini ada statement dan bukti bahwa Sunatullah itu selalu berlaku bagi mereka yang beriman kepada Allah swt. bahwa mereka yang yakin dan kembali kepada Allah akan diberikan kemenangan oleh Allah swt.

Kelompok yang kecil bisa mengalahkan kelompok yang lebih besar, itu dilihat dari sebuah konstruksi keimanan yang ada dalam diri masing-masing yang ada dalam setiap orang di kelompok tersebut. Yang dengan itu Allah memberikan bantuan dan pertolongan untuk kemenagan.

Juga ada peristiwa terdekat antara afganistan dengan rusia. saat itu pasukan muslim yang boleh dikatakan tidak punya kekuatan yang luar biasa, namun dengan keyakinan yang kuat , maka Allah memberikan pertolongan untuk kemangan.
Juga ada kisah ahsabul kahfi, mereka yakin dan pergi dengan keyakinannya  dan itulah rahsia mereka.

Janji Allah pasti bagi mereka yang yakin dan beriman kepada Nya.
Untuk mendatangkan pertolongan ini tentu punya persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Kita harus beriman dengan segala konsekuensi-konsekuensinya. kita juga harus menjalankan apa-apa yang waktu dahulu rasulullah juga melaksanakannya.

kita bisa merefleksi bahwa jika kita berhadapan dengan kondisi-kondisi realitas dalam hidup dan kehidupan kita, bahkan jika kondisi itu mungkin mustahil bagi kita untuk meraihnya, maka jangan takut, yakinlah bahwa jika syarat2 untuk mendatangkan pertolongan Allah itu sudah kita penuhi maka Allah akan mendatangkan pertolongan Nya dari arah yang tidak kita dug-duga. Dan kalaupun secara pandangan kita kita belum meraihnya insya Allah Allah punya rahasia indah dibalik itu. dan biasanya orang yang beriman akan dapat menerimanya dengan penuh kesabaran dan ketawakallan. Wallahualam.


Silahkan nikmati rekaman nya di link berikut. Alstublief.


0 comments: