18/05/2023

Contoh email untuk mencari Calon Supervisor PhD / S3

 Semangat pejuang beasiswa

Semoga senantiasa sehat dan penuh berkah. Salam kompak dalam perjuangan. Allahu Akbar.

Berikut saya share draft isian email yang saya dapatkan dari temannya Angel. Tapi saya lupa nama beliau siapa dan ini sudah pernah beliau posting juga kayanya di Internet. 

Tapi benar-benar lupa. sedangkan teman-teman sudah banyak yang bertanya tentang ini.

______
teman-teman pejuang juga bisa nyari di google kok. atau juga di chat GPT. jadi sudah tak terlalu susah lah.

Namun begitu biar blog ini juga ada kontennya, dan saya juga jadi lebih simple jika ada teman yang nanya atau minta kasih contoh gimana saya dulu approach supervisor, nah this is it.

Sekali lagi terimakasih untuk teman yang sudah berkenan ngasih contoh ini dulu ke saya. semoga jadi amal ibadah yang bernilai pahala.

Biar semakin banyak tabungan pahalanya, maka saya share disini biar yang lain juga bisa jadikan draft contoh untuk di edit dan dimodifikasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.
_________________________________


Dear Professor ..........................

First of all, let me introduce myself. My name is Ronal Rifandi, I am a lecturer in the Mathematics Education Study Program of Universitas Negeri Padang, Indonesia. I graduated in 2014 from a master degree program from Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, in collaboration with University of Utrecht, Netherlands.

I am writing to you because I am very keen on continuing my study for a Ph.D degree at the University of ................. For this reason, I need potential supervisor  who willingly supervises my study at the university.  Would you be interested to be my supervisor? For your consideration, my research topic is about developing STEM based teaching materials to enhance pre-service mathematics teachers' higher order thinking skills. I attached the research proposal in this email along with my CV, Academic certificate and transcript, and also my IELTS certificate. This year, I am applying for Australia Awards Scholarship and also Scholarships from Indonesian Government. 

Thank you very much for your attention and I am looking forward to hearing from you.

Best regards,
Ronal Rifandi
Mathematics Education Study Program
Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Padang
Padang, West Sumatera, Indonesia

Lampiran:

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah itu contoh email sederhananya.

Saya telah memulai ini sejak tamat S2 dan mulai jadi dosen honor di kampus swasta.

__________________
Teruntuk anak cucuku tersayang,
berikut dokumentasi rekam jejak perjuangan abimu ini mencari supervisor.







Screenshoot di atas bukan hanya 2 email itu saja, ada email-email lain di antara rentang waktu itu, hingga dapat Loa dan lulus Budi di tahun 2018. Namun belum jadi mulai study.

Berikutnya yang di bawah ini adalah perjuangan mencari supervisor yang akhirnya berujung pada Deakin Uni di tahun 2023. Banyak diantara nya yang dicueki saja oleh orang yang dituju. hiks hiks. yang hany "me" saja artinya diabaikan , ga direspon. yang ada angka 2 atau 3 disebelah "me" itu berarti direspon dengan penolakan, :D.

Nah yang angka nya lebih dari 3 di belakang "me" artinya itu yang dapat respon positif, ada yang ngajak diskusi, ada yang ngajak zoom, ada yang berujung pada LoA. Alhamdulillah


Semangaattttt






0 comments: