09/01/2024

Refleksi pelajaran akhlak kita kemaren.

Bismillah, alhamdulillah kami sudah mulai kembali untuk bicara minimal satu kali dalam sehari dengan mentadabburi al qur'an.


Kemaren menjelang tidur sempat pillow talk sama anak bujang. Bahwa sebenarnya selama ini abi dan ummy meminta Uda dan Adek untuk berbuat baik kepada abi dan ummy itu tidak semata karena abi dan ummy memerintah-merintah saja. semua itu Allah yang perintahkan. Termasuk untuk berbuat baik kepada orang miskin, anak yatim piatu. Selain itu kami selalu meminta uda dan adek untuk berkata yang baik dan rajin sholat serta menepati janji. Itu semua Allah yang perintahkan. Bisa kita lihat di QS Al Baqarah 83.


Kemudian kita juga belajar untuk menahan amarah dan memaafkan. Sesuai perintah Allah dalam QS Ali Imran 134.

Jadi Uda dan Adek harus belajar untuk menahan amarah dan mudah memaafkan orang lain. Hal ini juga berlaku untuk Abi dan Ummy.

Pagi hari sembari sarapan, kami membahasnya kembali sekilas. dan karena semalam Adek ga ikut sesi pillow talk karena sudah tepar duluan, ia nyeletuk:

Adek: nanti klo adek tak tahan marahnya gimana bi? 

Kadang dalam sesi bermain sering adek ni marah kepada Uda karena Uda mengganggu mainannya, atau merubah susunan legonya ataupun mereka sering rebutan leggo.


Ya, sedap-sedap gimana gitu, mengajari bocah-bocah ini tentang menahan amarah dan memaafkan orang lain.

Toh Abinya pun juga memerlukan effort yang besar untuk hal tersebut. lelaki-lelaki di rumah ini memang punya riwayat gen yang mudah tersinggung :D apalagi jika diganggu saat sedang fokus atau sedang lelah dengan segala beban pikiran.
:D:D:D


0 comments: