12/04/2023

STEM Ed Series 2: An Interdisciplinary Approach to STEM

Ini adalah seri kedua yang saya siapkan berkaitan dengan topik STEM Education. Setelah sebelumnya kita membaca bareng satu buah artikel yang membahas tentang asal mula STEM Education secara singkat serta beberapa pendapat ahli mengenai apa sih STEM Education itu. 

Nah kali ini Taman Baca kita ini akan diisi dengan satu artikel yang merupakan penjabaran tentang sebuah case study penerapan integrasi STEM dalam pembelajaran. 

Dalam mengintegrasikan STEM kedalam pembelajaran ternyata juga beragam. Supervisor saya pantas saja agak was-was ketika saya dengan santai mengulang-ngulang menyebutkan "integrasi" saat bimbingan awal dahulu. Ia bertanya integrasi yang seperti apa yang kamu maksud. Saat itu saya tidak ngeh maksud pertanyaannya. Lalu beliau meminta saya untuk membaca lebih banyak dan juga menyarankan beberapa artikel untuk dilihat. 

Setelah membaca barulah saya tahu, bahwa ternyata para ahli pun membuat beberapa klasifikasi tentang integrasi yang dimaksud. Bagaimana STEM diintegrasikan kedalam pembelajaran dan sejauh mana integrasinya tersebut.

Salah satu approach yang dapat dipakai dan mungkin kebanyakan dipakai adalah yang disebut "INTERDISCIPLINARY APPROACH". Dan ini lah yang dibahas dalam artikel yang kita baca bareng saat ini.

Sesuai tag, saya beri nama postingan sejenis ini dengan "Baca Bareng" yang artinya saya bukan menjelaskan isi artikel tapi kita sama-sama membaca. So, teman2 silahkan cari artikel nya dan baca sendiri ya. nah bisa juga buat resume seperti yang saya lakukan ini. Jika teman-teman posting di blog atau youtube atau medsos, boleh lah kirim link nya di kolom komentar, nanti akan saya kunjungi dan baca juga untuk bertukar pikiran dan sudut pandang.

Okeh, ini beberapa cuplikan bagian dari artikel yang saya buatkan videonya 





dan berikut cuplikan power point yang saya buat. Selamat membaca.

Sumber:

Widjaja, W., Hubber, P., & Aranda, G. (2019). Potential and challenges in integrating science and mathematics in the classroom through real-world problems: A case of implementing an interdisciplinary approach to STEM. 
Asia-Pacific STEM teaching practices: From theoretical frameworks to practices, 157-171.











0 comments: