15/12/2013

Seminar proposal. Sebuah sentuhan cinta dosen Belanda

dimuat di : Kompasiana dan Shvoong



Ini hanya sebuah pengalaman. Tidak berlaku umum dan tidak bisa dijadikan sebuah representasi untuk menarik sebuah kesimpulan.

SEKALI LAGI, ini hanya dari sudut pandang pribadiku yang mungkin saja subjektif.

Alhamdulillah, dua hari mendebarkan yang dinanti-nanti (setidaknya olehku beserta 9 teman lainnya) berhasilkami lewati. terimaksih atas doa dan semangat dari rekan2 dan keluarga semuanya :D.

Berikut ini beberapa point yang ingin saya dokumentasikan. Judul acara nya adalah An Impome Conference. yang mana didalamnya termasuk sesi thesis proposal defensekami. Kemasan nya dalam 3 bentuk acara yakni, key note speaker dari Dosen ahli dari Indonesia dan dari Utrecht university (Belanda), penyampaian proposal thesis secara paralel oleh saya dan kawan-kawan, dan poster exhibition yang isinya berupa overview dari design penelitian kami lengkap dengan perangkat penunjangnya.

Nuansa yang sama sekali berbeda saya rasakan saat mengikuti conference ini, yang sejatinya berupa proposal defense, lebih terasa sebagai sharing ide dan improvement. Tidak ada kesan judgement dan menguji-nguji (seperti yang saya rasakan saat melakoni hal yang sama di saat bachelor dulu). Settingan benar-benar untuk memberikan dukungan dan memperkuat design penelitian yang sudah kami buat. Design yang sebelum ini kami buat bersama rekan satu rumpun topic dan supervisor mendapat masukan dari rekan-rekan rumpun topik lain dan supervisor yang lain. Hal ini seperti review silang. Ditambah lagi dengan masukan dari pembimbing yang khusus datang dari dosen kami di Indonesia. Sehingga langkah research kedepanjelas dan terarah.

rangkaian kegiatan yang dibuat dengan suasana ramah dan penuh kekeluargaan. Dan sudut pandang mereka yang ” I will support you” bukan ” I will judge you” membuatkami, walau deg deg an di awal, namun optimis danyakin akan bisa menyelesaikannya nanti dengan baik insya Allah.

Ingin menerapkan hal yang seperti ini juga nanti, dengan mahasiswa-mahasiswa bimbinganku insya Allah. Amiin :D
karena pindah tempat jadi selotipnya jadi " nggak banget -_-"

0 comments: