15/12/2012

8 Kendala dalam berinteraksi dengan Al qur'an

Lama sudah tak menuliskan sesuatu di laman official ini. Selain kesibukan dan keseharian yang lebih pas untuk di pos di lapak-lapak sebelah, akhirnya tersadar, kalau rumah yang ini sudah lama tak disegarkan.( juga berkat pertanyaan dari seorang teman di tgl 14122012 lalu :) ada hubungan nya ya..??. hmmm ada deh)

Nih, ane ada topik yang pas sekalian refresh. Di tuturkan ulang dalam bentuk tulisan dari taujih Ust M Yamin  (Ustadz dari Wilda) dalam kegiatan Mabit 12122012 yang lalu.

Beliau menjelaskan tentang "8 Kendala dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an"

Langsung ke pointnya ya Bro...


  1. Kita mengetahui bahwa membaca al qur'an setiap hari itu adalah sebuah keutamaan, namun jiwa kita belum siap untuk berkomitmen dan sabar untuk bertilawah setiap hari.
  2. Jiwa kita belum siap untuk meraih kemuliaan dengan membaca Al-Qur'an. Karena sesungguhnya alQur'an itu mulia dan orang yang membacanya juga akan mulia.
  3. Kita mengetahui bahwa masih banyak ayat al-Qur'an yang belum kita ketahui maknanya. Tetapi jiwa kita belum siap untuk melakukan langkah-langkah untuk membaca, menerjemahkan ataupun membaca tafsirannya. Belajar al-Qur'an itu 5T : Tilawah, Tahfidz, Terjemahan, Tahfim, Tafsir.
  4. Kita tahu bahwa mengajarkan al-Qur'an itu sangat besar pahala dan fadhilahnya, Namun kita masih enggan untuk mengajarkannya.
  5. Kita tahu bahwa sholat malam yang mantap itu adalah di dalamnya ada membaca ayat-ayat yang panjang. Namun kita belum punya kemauan untuk itu.
  6. Kita tahu bahwa dakwah ini dijamin oleh nash al-Qur'an. Dan Allah memberi kemenangan , tapi kita tidak sabar akan hal itu.
  7. Kita tahu bahwa banyak keutamaan di dunia dan di akhirat bagi manusia yang berinteraksi dengan al-Qur'an. Tapi hanya sebatas pengetahuan saja.
  8. Banyak tokoh-tokoh besar yang sukses itu mengamalkan al-Qur'an dan bahkan hafidz, namun kita malas untuk menauladaninya.

Siapa yang akan menjamin keamananmu disaat-saat genting di akhirat kelak? Sedangkan Rasul mengatakan bahwa Allah menjamin orang-orang yang baik interaksinya dengan al-Qur'an.

3 Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut antara lain:
  1. dipaksa. memaksa diri kita untuk membaca al-Qur'an sebelum tidur. 
  2. Dipaksa. utarakan didalam doa kita terget tilawah kita.
  3. DIPAKSA. setiap waktu luang dan sugesti diri kita untuk membaca al-Qur'an setiap hari.
Karena berawal dari di paksa kemudian akan menjadi kebiasaan, dan lalu budaya membaca interkasi degan Al-Qur'an akan ada dalam keseharian kita insya Allah.

Inilah sedikit ilmu yang bisa saya sampaikan ulang kepada sahabat semua. Seperti disetiap post saya yang lain, di bagian akhir selalu saya kunci, bahwa saya tak seideal apa yang saya tuliskan disini. Sayapun dalam tahap usaha untuk mengamalkannya. Semoga kita dapat untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran ya. Insya Allah.


0 comments: