19/03/2011

GUNDAH,… APAKAH ITU?

GUNDAH,… APAKAH ITU?
Oleh : Ronal Rifandi
Kabag PSDM Excellence TC Padang

Gundah. Apakah gundah itu? Sebuah pendapat atau responkah? Gundah menurutku aalah rasa. Rasa jiwa seseorang yang saat itu sedang terkurung dalam bingung, yang saat itu terkungkung dalam bimbang. Mungkin dia telah melakukan sesuatu, lalu ia berpikir apa efek dari yang ia lakukan itu. Ia ragu baik atau burukkah, benar atau salahkah yang telah ia perbuat?
Keraguannya itulah yang menimbulkan gundah pada dirinya. Yang membuat ia mondar-mandir di kamarnya. Bisa menjadikan ia tidur terlentang menatap kosong langit-langit kamarnya. Yang memaksa dia untuk berjaga semalaman. Itulah kedahsyatan gundah dalam pandanganku.
Sebenarnya bagi orang yang yakin kalau apa yang dilakukannya itu benar dan baik, maka takkan gundahlah ia. Gundah itu akan mendatangi kita sewaktu-waktu. Namun ada trik-trik terabaikan untuk  meminimalisir persentasi kedatangan gundah itu. Antara lain:
1.      Berpikirlah matang-matang sebelum bertindak.
2.      Bacalah basmallah sebelum berbuat/ memutuskan sesuatu.
3.      Yakin dulu kalau yang kita lakukan itu benar. Baik dari sudut pandang kita, maupun orang lain. Beri penjelasan pada yang bersangkutan dengan jelas.
4.      Berdoalah pada Allah agar dimudahkan dan dilancarkan urusan kita.
5.      Berserah dirilah pada Allah SWT.
10 Juli 2004


1 comments:

EHM... ini merupakan sebuah catatan lama, saat ane baru mulai belajar menuangkan ide dan pikiran melalui tinta dan kertas.

klo dilihat tata bahasa dan pilihan diksinya, ternyata lucu ya... hehe maklum masih pikiran anak sma.. yg penting dah berani nulis dan share..